Tetap = Ternyata Aku Telah Berubah, Pak

Aneh!! Dulu saya begitu gemar bola. Saya ikut segala pesta pora kemenangan Arema di Liga Indonesia padahal hanya punya 13 pemain. Maklum mana ada sih anak laki kota Malang nda gemar bola. Sekarang kemana ya segala semangat demen itu?

Genesis Era Peter Gabriel

Aneh!! Dulu juga saya ngefans banget Genesis, Yes, Pink Floyd. Iron Maiden juga ngefans. Maklum anak laki kota Malang nda ada yang nggak hobi rock terutama art rock dan heavy metal murni. Kemarin coba-coba setel koleksi lama itu. Hasilnya puziiing. Sekarang kemana ya rasa demen itu?

Dulu saya muda suka heran kok bisa ya ada orang nda doyan musik rock? Wong bagus kok nda suka. Kok bisa ya sepakbola seru gini ada orang nda peduli? Buta apa ya nda bisa menyelami asyiknya nonton bola. Ngomentari pemain seolah lebih pintar dari pemain-pemain dunia itu. Berteriak-teriak sampe serak. Sekarang malah saya ngalami sesuatu yang dulu saya heran-in. Nda peduli ada bola seru kayak apa kek, mending saya mlungker, mlumah dan mengkurep di kasur. Nda tahan ndenger kaset rock yang dulu saya demenin. Weee. Apa ini kuwalat. Yang jelas, saya jadi paham sesuatu : Ternyata perubahan itu ada. Dan terjadi. Di dalam kita dan di sekitar kita.

Ketika perubahan itu terjadi sakitkah saya? Kayaknya nda deh. Sesuatu yang kita heran-i, kita anggap aneh, mungkin juga kita takuti jika terjadi ke diri kita, ketika waktunya tiba, dan kita berubah justru menjadi yang kita heran-i, kita takuti, nda ada tuh sakit, nda ada tuh takut-takut itu. Semua terjadi dan begitu aja terjadi. Prosesnya begitu alami.

Saya jadi sadar juga akan sesuatu hal lain. Di dalam kita yang terjadi adalah menganggap dunia seperti kita pikir dan rasa. Padahal dunia berjalan aja dengan jalannya. Nda sesempit pikiran kita dan perasaan kita.

Lalu ngapain ya kadang kita begitu terjebak dengan perasaan, anggapan, pikiran kita. Menurut saya, Menurut kacamata saya. Lalu dengan anggapan, pikiran itu lah kita serta merta men-judge : ini orang nda bener nih. Ini kumpulan nda bener nih. Kadang dalam saat itu jadi deh kita nyakiti orang. Aduuh… Bisa jadi kita belum sampe aja waktunya untuk berubah. Kayak saya ( muda ) yang heran kok ada orang nda suka bola dan akhirnya saya ( tua ) masuk ke golongan yang nda suka bola… hehehe. Mending kita pasang sabar aja kali ya. Meniti waktu hingga perubahan itu terjadi.

Trus.. Trus.. Kalo sekarang kita heran juga… itu orang-orang kok pada berani ya cabut dan pergi keluar, terjun ke dunia usaha. Padahal kan lagi krisis? Padahal kan lagi bejibun orang PHK? Padahal kan orang lagi turun daya beli? Apa ya nda mati bangkrut tuh diluaran sana? Buta apa? Kurang perhitungan apa? Kayaknya yang terjadi persis juga saya (muda) yang heran pada orang yang nda seneng musik rock. Eee sekarang berubah jadi pusing ndenger musik rock. Pasti yang heran nanti juga berubah…. Puzzzing kalo nda bisnis…. Hehe.

Perubahan itu memang ada ya…. Bahkan lawan kata "perubahan" pun yaitu kata "tetap" sebenarnya singkatan dari "Ternyata Aku Telah Berubah, Pak" Hehehehe.
Just elegi pagi…

0 komentar: