Suami Suami Takut Allah II



Suami yang takut Allah itu :
1. Yang mencari 3 hal di dunia ini sebagaimana Sabda Nabi ketika ditanya sahabat Umar : Lidah yang selalu berzikir kepada Allah, hati yang penuh rasa syukur dan istri yang amanat. Ketiga hal itu bisa dilatih dan bisa terjadi salah satunya adalah karena ada teladan. Istri yang amanat tentunya adalah hasil dari teladan ayahnya dahulu dan teladan suaminya sekarang.
2. Mencukupi anak istri. Suatu kali, ketika Ibnu Mubarak sedang berpidato ketika salah seorang bertanya : adalah pekerjaan lain yang lebih memberi ganjaran selain jihad? Jawabnya : Ya. Yaitu memberi makanan dan pakaisn kepada istri dan anak dengan sepatutnya. Waliyullah Bisyr Hafi berkata : Lebih baik bagi seseorang untuk bekerja bagi istri dan anak daripada bagi dirinya sendiri. Dalam hadits Nabi juga diriwayatkan bahwa beberapa dosa hanya bisa ditebus dengan menanggung beban susah payahnya mencari nafkah untuk keluarga.
3. Seorang wali istrinya meninggal dan dia tidak berniat untuk kawin lagi meski orang-orang memintanya. Alasannya agar lebih mudah beribadah dan mendekatkan diri pada Allah. Pada suatu malam ia melihat dalam mimpinya pintu surga terbuka dan beberapa malaikat turun. Dan menyapanya, "inikah orang celaka dan egois itu? Sang Wali terheran. Siapa yang dimaksud. Lalu seorang anak laki lewat dan berkata : Anda lah yang sedang mereka bicarakan. Baru minggu lalu perbuatan baik Anda dicatat di surga bersama wali-wali yang lain. Tapi sekarang mereka telah menghapuskan nama Anda dari buku catatan itu". Setelah terjaga dia pun segera berencana untuk kawin.
4. Bersabar atas ketidakmasukakalan sikap dan ketidakberterimakasihan istri. Nabi bersabda : Sesorang yang mampu menanggung ketidakenakan yang ditimbulkan oleh istrinya dengan penuh kesabaran akan memperoleh pahala sebesar yang diterima Nabi Ayyub tasa kesabarannya menanggung bala yang menimpanya. Pada saat sebelum wafat orang mendengar Nabi bersabda : teruslah berdoa dan perlakukanlah istri-istrimu dengan baik. Karena mereka adalah tawanan-tawananmu.

1 komentar:

Just Lutfiel mengatakan...

wesss..mantap...kirimi aku kode html buat blogroll dong..by email e milist transformer..