RunDown 20 Hari Menjelang MILAD III TDA


Sabtu, 7 Februari 2009 kemarin saya mengikuti seminar Tung Desem Waringin. Dapat tiket murah juga berkat sering silaturahim ke rekan-rekan TDA. Yang seharusnya seharga jutaan cuma 200 ribuan. Sekali lagi inilah kekuatan silaturahim.

Mencermati seminar penuh semangat Bapak TDW dari jam 09.00 s/d jam 20.00 banyak pelajaran bisa didapat. Kebanyakan malah. Sambil berjalan pulang, atau bahkan belum lagi pulang masih dalam ruangan, sekian banyak ide dan tekad mengerjakan ini dan itu sudah terbayang. Sampe di rumah, di depan komputer saya malah bingung harus mana dulu yang dituangkan. Akhirnya saya malah nda nulis secuilpun. Saya tidur. Ini resep ampuh saya kalo bingung. Tidur!! Otomatis bingung nya hilang. Lha iya lah wong pikiran-e juga ilang.

Tapi terus terang, banyak hal dari seminar serupa ini sebenarnya ilmunya sudah banyak yang SUDAH PERNAH kita ketahui sebelumnya.

Ilmu sudah ada di kepala. Sebagian besarnya. Masalahnya biasanya adalah di PRAKTEK-nya. Nha itu yang sementara menjadi perkara. Kadang justru karena sudah kenal dengan TDA sebelum kita sendiri full TDA ( full berbisnis ) maka kita sendiri mengalami kegamangan informasi. Kebanyakan info dan gambaran sukses sampai bingung harus dimulai dari mana. Mau nyontoh langkah para founder beda startnya udah terlalu jauh. Rata-rata sudah 2-3 tahunan berbisnis online ataupun offline. Untuk itulah tulisan ini dibuat. Barangkali bisa membantu para rekan yang TDB dan Amphibi bagaimana mempersiapkan diri menuju full TDA.

Pak TDW kemarin di seminarnya, salah satunya menceritakan pentingnya : Membuat IMPIAN AKAN JADI APA kita dulu, sebelum melangkah. Lalu kita MENJADI dulu, baru DO, lalu akhirnya HAVE. Terjadilah apa yang kita maui.

Misal Anda saat ini masih NOL BESAR dalam hal PRAKTEK untuk ber-BISNIS. Padahal dalam bayangan Anda sudah terpatri cita-cita tentang Kerajaan bisnis Anda. Rencana Anda adalah menghadiri MILAD III TDA dan menjadikan sebagai momen awal Anda melangkah mempersiapkan kerajaan bisnis Anda. GOOD. Tapi saya takut bahwa disana nanti ada sekian penyesalan yang akan dituai. Persiapan menjemput peluang yang kurang bisa berakibat fatal. Ingat bahwa Peluang tidak pernah mengetuk pintu yang sama. Hanya terjadi sekali. Lebih baik persiapan Anda melebihi dari yang dibutuhkan daripada menyesal bahwa Anda kekurangan amunisi disaat pertempuran nanti. Bayangkan Anda sudah menjadi PEBISNIS, dan kerjakan seolah Anda adalah PEBISNIS, dan kenyataan akan memihak Anda untuk menjadi pebisnis… persis yang Anda bayangkan. BE - then DO, then HAVE.

List dibawah akan memandu Anda untuk mempersiapkan diri menghadiri MILAD dengan full amunisi :

H - 20 ( 8 Feb ) DEFINISIKAN ANDA
Semuanya berawal dari SAYA - so : harus CLEAR dulu "INGIN JADI APA SAYA". Dalam menuju jawaban itu Anda juga harus mencari dulu "SAYA PUNYA KECENDERUNGAN KESUKAAN DI BIDANG APA YA??" tulisan Pak Fauzi Rachmanto sangat bagus untuk menggiring kita menemukan passion Anda. PASSION Anda kalo disetel sangat pas dengan bentuk bisnis Anda bisa jadi sangat dahsyat lho. Silakan kunjungi ke http://fauzirachmanto.blogspot.com/ yang judulnya BUKAN KIMI. Thanks Pak Fauzi, tulisan Anda sangat mencerahkan kami. Semoga jadi berkah buat Pak Fauzi.

H - 19 ( 9 Feb ) DEFINISIKAN ANDA - hari ke-2
Kayaknya waktu sehari kemarin belum tuntas deh untuk "mendefinisikan" apa yang saya mau. Kok saya nda nemu-nemu ya gambaran diri saya sendiri yang pas… weeelah. Yang penting, target hari ini : bisa tahu tentang diri dan bikin sekalian "ingin jadi apa saya, 1 tahun, 3 tahun 5, tahun, 10 tahun, 20 tahun"

H - 18 ( 10 Feb ) Tentukan bisnis yang ingin Anda jalani
Jim Collins dalam buku Good to GREAT mengajarkan ilmu landak untuk kita contoh dalam mencari model bisnis yang pantas kita kerjakan. 1. Konsentrasikan pada APA YANG TERBAIK DARI ANDA. 2. Apa PASSION Anda. 3 Ada Skala ekonominya Nda??.
Lihat sekitar Anda.
Peluang bisnis itu dasarnya simpel. Dimana ada kebutuhan dan belum disupply maka itu adalah peluang. Daerah amatan bisa kampung sekitar, bisa negara, bisa antar negara, bisa dunia online, bisa suatu niche market. Jika di komplek Anda bapak-bapaknya doyan kumpul-kumpul dan belum ada tempat ngumpul, mungkin ide bikin ANGKRINGAN atau HIK ala SOLO bisa jadi bisnis bagus.
Pengamatan offline bisa, pengamatan online bisa. Saya melihat dinternet belum ada yang serius jualan peci, maka saya bikin grosirpeci.com. Ide juga tidak harus yang original. Yang di Jawa ada di Jakarta belum ada, maka bisa saja idenya Anda boyong ke Jakarta. Di Malang ada minuman Angsle di Jakarta belum. TDA NGALAM mau nda bikin franchise-nya?? Enak tuh. Pasti laku.
Yang antar negara lebih seru lagi. Di Malaysia ada minuman AIRMATA KUCING. Ide itu diboyong ke Indonesia aja bisa deh jadi bisnis bagus. Kue Serabi Solo atau Kue Putu dibawa ke luar negeri bisa khan??

H - 17 ( 11 Feb ) Tentukan bisnis yang ingin Anda jalani - hari ke-2
Pertimbangkan kemampuan Anda untuk menggarapnya. Juga dipertimbangkan passion Anda kesitu nda?? Boleh juga untuk dipertimbangkan : Di TDA sudah ada role modelnya nda ya? Kalo ada kan kurva belajarnya bisa lebih singkat. Coba di searching. Via blogrool TDA. Nelpon sana-sini…. Ssst ingat juga. Dalam proses ini rekan kerja sejauh mungkin nda usah tahu dulu… kan masih TDB. Nasib… nasib.

H - 16 ( 12 Feb ) Tentukan bisnis yang ingin Anda jalani - hari ke-3
Bisa jadi Anda malah bukannya kekurangan ide, tapi kebanyakan ide. Ya pilihlah yang paling memungkinkan dikerjakan saat ini. Kalo ketemu rekan TDA yang ada di bidang itu ya sekalian kenalan. Hubungan via phone dan online dulu. InsyaAllah nanti ketemu daratnya pas milad. Dijamin mesra dan hangat tuh pertemuan.

H - 15 ( 13 Feb ) Bikin Alamat Online
Bikin alamat email. Bikin di yahoo bikin juga di google. Biar bisa YM-an. Biar bisa bikin blog kalo mau bikin di blog pribadi / jualan yang gratisan di blogspot. Bikin juga Facebook. Install sekalian Yahoo Massanger…
Her itu semua gue udah… ya BAGUS!! Ngrapi-ngrapiin barangkali. Bikin folder khusus bisnis yang terpisah dari urusan kantor.

H - 14 ( 14 Feb ) Persiapan Online di rumah
Selama ini Anda baru online kalo di kantor? Usahakan agar selanjutnya Anda bisa online juga di rumah. Pake Speedy, pake Kabel TV. Nda ada jaringan kabel-kabelan ke rumah… ya pake Modem external. Pake IM2 bisa. Pake Speed-Up StarOne bisa. Pake WiMode Esia bisa. Pake HP Smart juga murah. Berarti hari ini isi acaranya cari Info lalu beli!! Nda kebeli hari ini ya mbesook. Saya sendiri pake IM2 unlimited… murah…bisa mobile, pasca bayar maneh. Tagihan Januari baru muncul tanggal 10 Februari. Akhir pembayaran 25 Februari.. Lha kan lumayan mundur hampir 1 bulan. Duitnya bisa dipake ngapa-ngapain dulu.

H - 13 ( 15 Feb ) Beli Komputer untuk di rumah
Halah… ternyata semua masih tergantung ama kantor. Ya udah. Beli komputer deh. Ini investasi yang kayaknya harus untuk menuju impian bisnis. Investasi yang tidak akan rugi. Jadi boleh deh dibela-belain hutang kek, mbedol tabungan kek. Kayaknya kalo file-file pribadi ditaruh di komputer kantor juga semakin tidak aman deh. Pertimbangkan untuk beli Laptop… Bukan untuk keren-keren-an tapi, supaya kalo diuber-uber tukang tagih bisa segera kabuuurrrr sekalian ama laptop!! GUBRAAAK !!

H - 12 ( 16 Feb ) Bikin Website dan Blog
Kalo Anda memutuskan Anda juga berbisnis via internet, maka bikin web jadi wajib kan. Bikin Blog wajib nda? Pengalaman saya, kemarin ada order peci kirim ke USA gimana saya bisa menyakinkan buyer tentang saya? Suruh aja dia lihat blog saya. Itu kan paling tidak bohong. Itu sarana untuk memberitahu siapa Anda pada buyer. Building Trust. Saya rasa pola para maestro di TDA ya begini ini. Bikin bisnis di internet. Lalu bikin juga blog pribadi dimana beliau membangun personal brand. Personal brand yang kuat mendorong bisnis menjadi Wuzz.. Wuzzz… wuzzzz.

H - 11 ( 17 Feb ) Bikin Website dan Blog
Ternyata susah ya…. Susah karena nda bisa mbikinnya? Tenang. Ada banyak di TDA yang bersedia membantu. Tuh ada www.dipaweb.com. Atau di http://toko.kursustokoonline.com, Mas Rivanie ama Kang Wawan. Kayaknya mereka malah buka stand deh di Business Matching. Lho kalo baru bikin sesudah Milad udah telat dong Her?? Ya dinego dulu kali?? Mas saya mau ikut kelas kursusnya nanti, tapi sekarang saya bayar dulu. Lalu tolong buatin dulu yang penting nongol saya di website ama di blog mas…. Nanti dirapiin dan di customized menyusul. Sing penting duwe website dan blog !!
Kalo itu nda memungkinkan karena kesibukan mereka. Berhubung seharinya mereka harus melayani ribuan order… ya beli bukunya di toko buku lah…
Tapi kalo susah bikin website dan blog karena Anda sendiri nda ada bayangan mau seperti apa… saya sarankan Anda buka-buka blog dan web senior-senior TDA… copi paste kan boleh… modelnya… bukan isinya.

H - 10 ( 18 Feb ) Bikin Nama Usaha
Bikin perusahaan. Paling tidak bikin dulu namanya. Lebih mengena lagi kalo Anda sekalian tulis taglinenya. Kalo dalam ilmu Hermawan Kertajaya dibilang positioning-nya. Positioning menjelaskan bedanya Anda dengan yang lain apa? Bahasa TDW : nilai Tambah nya apa sehingga saya harus belanja ke Anda. Kalo saya cuma menulis nama usaha saya "ikhwan Agency", orang bisa bertanya-tanya perusahaan periklanan ya Her?? Padahal itu toko grosir herbal. Makanya saya selalu tambahkan Ikhwan Agency - toko grosir herbal muslim (menuju) syariah.

H - 9 ( 19 Feb ) Bikin KARTU NAMA
Nah, kalo alamat email sudah ada, blog sudah ada, web sudah ada, pilihan bisnis sudah, nama usaha sudah … baru deh Anda bikin KARTU NAMA. Coba kalo anda bikin kartu nama dulu sebelum semuanya jelas… masak harus revisi dan cetak lagi.
Ingat nanti di Milad III TDA ada sekitar 1000 orang hadir dan semua berpotensi menjadi jaringan Anda. Kalo 1 kotak kartu nama isinya 100, 10 box Anda bawa. Nanti di Milad anda harus pake baju yang banyak kantongnya ya… ngantongin kartu nama Anda sekalian kartu nama kenalan-kenalan Anda. Weelah mbedundung dong Her… yo karepmu!!
Jangan - jangan ini ide peluang usaha : bikin baju meeting khusus menghadiri meeting besar. Jadi bajunya banyak kantongnya untuk naruh kartu nama. Saqina-nya mas Rosihan www.saqina.com mau ndesain yang begituan???
Jangan mau kalah dengan kartu nama teman gila saya :
Nama : PAILUL, Jabatan : ATASNYA DIREKTUR, Perusahaan : MBUL GOMBAL GAMBUL - bisnis kain gombal jadi tenda hajatan, Hp 119, website : gombalnaikpangkat.com, email : alwayspailul@gmail.com, YM : teteppailul , Blog : pailul-waton-online.blogspot.com.
Komplit dan seenak udelnya. Tapi hak dia lah. Wong kartu-kartunya dia.

H - 8 ( 20 Feb ) Bikin TABUNGAN BISNIS
Prinsip agar manajemen bisnis benar dari awal adalah memisahkan antara keuangan usaha dan keuangan pribadi. Jadi ya dari sekarang bikin buku tabungan terpisah. Berdasar pengalaman, kalo Anda jualan online Anda harus punya beberapa buku tabungan - karena konsumen Anda akan menanyakan. BCA aja kadang tidak cukup. Perlu yang lain.

H - 7 ( 21 Feb ) Bikin no Hp Anda menjadi pasca bayar + mobile banking
Perlunya - agar bisa mobile banking. Kalo jadi pengusaha Anda akan sering ditransfer konsumen… enak tho!! Tapi Anda juga akan sering harus transfer ke supplier… ini nda enak, piye maneh!! Kalo harus selalu ngantri ke ATM kayaknya nda praktis deh. Apalagi kalo jadi pebisnis nanti Anda juga harus serba cepat. Cepat belanja, cepat check kalo ada transferan masuk karena Anda juga diminta untuk segera mengirim barang yang dipesan konsumen.
Datang ke Galeri-Galeri kartu Anda. Nda bayar kok. GRATISSSSS

H - 6 ( 22 Feb ) Hari Minggu - chatting -chatting
Sapa dulu beberapa senior yang Anda ingin ketemu nanti di Milad. Kalo sudah ketemuan di dunia maya, ketemuan di darat lebih mudah.

H - 5 ( 23 Feb ) daftarkan layanan M-banking ke Bank
Datang ke bank untuk mendaftarkan no telpon Anda. Kalo perlu sekalian e-banking nya.
Sampai di tahapan ini Anda saya rasa sudah benar-benar siap menjadi (calon) pebisnis. Bayangkan kalo di Milad nanti Anda tertarik join dengan kolega Anda, maka Anda langsung bisa transfer-transferan. Di depan dia sudah bisa transaksi dan sudah bisa tunjuukin transferannya. Kan udah bisa M-banking. Begitu Anda balik ke rumah sepulang Milad setidaknya Anda sudah ada kepastian mau dagang apa, barangnya dari mana, berapa banyak dan kapan sampainya.
Anda juga bisa dengan gagah bertukar kartu nama. Lengkap dengan alamat Anda di dunia maya. Dijamin sepulangnya Anda akan sibuk add YM dan chatting deh.

H - 4 ( 24 Feb ) atur jadwal kantor dengan kolega Anda kalo perlu ambil cuti

H - 3 ( 25 Feb ) beli tiket - hoiiiii ( luar kota Jakarta )
Lalu contact juga tempat rencana Anda mau nginep di Jakarta.

H - 2 ( 26 Feb ) beli oleh-oleh khas tempat Anda
Hukumnya wajib 'ain nih. Tolong saya juga dibagi ya.

H - 1 ( 27 Feb ) berangkat

H - 0 ( 28 Feb ) Eng... Ing... Eng
Anda-lah pebisnis harapan Indonesia sekarang dan masa depan.

Selamat datang di Universitas Terbuka Wirausaha Indonesia - MILAD III TDA.

0 komentar: