Titip Rindu Buat Ayah


Seneng banget kalo diajak bapak nonton bola di stadion Gajayana Malang. Bukan. Bukan karena nonton bolanya yang bikin seneng. Tapi utamanya adalah bapak akan nuruti saya beli apa aja. Beli kacang, beli es, beli permen, beli bakso. Dulu tahun 70-an rombong bakso aja bisa masuk tribun penonton. Hehehe. Bapak nuruti daripada saya berisik dan ganggu kesenangan dia. Tapi ternyata walau sudah dituruti ya tetep aja saya jadi ngganggu bapak. Acara nonton bola jadi berubah acara momong bocah.

Bertahun tahun kemudian sang bocah itu ( saya ) sudah berubah jadi bukan bocah lagi… punya bocah malah.

Dan sejarah berulang. Kadang kita ingin asyik dengan dunia kita, malah nda kesampaian. Kita malah harus rela ngubah perhatian dari untuk sendiri jadi untuk anak-anak. Ngurusi bocah-bocah.

Kemarin saya nganter anak renang. Dari rumah saya bawa buku. Rencananya sih mereka renang saya bisa asyik mbaca di pinggir kolam. Ketika anak-anak main di kolam ternyata saya nda tega untuk buka buku. Ego banget ya saya, kalo saya cuek mbaca sementara anak-anak butuh diperhatikan dan diawasi. Kolam nya rame dan baru pertama kami ke sini, jadi habitnya belum ketemu. Ya udah saya simpan tuh buku dan saya lanjutnkan dengan prengas-prenges ( pamer gigi, hehe ) di pinggir kolam. Ya itu, akhirnya jadi inget bapak saya nonton bola dulu itu. Sabar banget ya bapak dulu digangguin dari kesenangannya. Jadi kangen bapak nih. Ah pulang kampung aaaah. Tolong ya angiiin titipin rindu buat ayah di Malang sana.

Hidup ternyata begini ini ya. Untuk menjalani peristiwa-peristiwa. Dan ada beberapa pilihan dalam bersikap di setiap peristiwa hidup itu. Anak berenang adalah peristiwa. Pilihan pilihannya adalah :
1. ikut bermain renang ama mereka. Atau
2. mengawasi saja secara penuh mereka, atau
3. membiarkan saja mereka bermain dan kita asyik membaca. Atau
4. kita tinggal pergi saja nanti jam pulang kita jemput.
Ada pilihan baik. Ada pilihan buruk. Ada yang di tengah-tengah. Lagi-lagi, kita memilih apa, di tentukan tujuan hidup kita. Milih no.1, no.2, no.3 atau 4 ditentukan tujuan hidupnya untuk apa, untuk anak, untuk ego sendiri?

Pilihan "mau action wirausaha dan merasakan gelombang hidup yang bikin jatuh bangun", atau pilihan "mau tenang aja ah mengingat masih banyak cicilan harus diselesaikan", atau pun pilihan lain semua terserah tujuan hidup. Kalo hidup ini bisa dibikin tenang-tenang saja, tentu nda ada orang ibadah khusu' karena Allah merancang adanya ATHG [Ancaman, Tantangan, Hambatan, Gangguan] agar kita merasakan kebesaran PertolonganNya. Kalo hidup itu bisa ditunda sampe semua cicilan beres dan semua masalah usai, maka yang terjadi adalah masalah yang tak kunjung habis mendera, karena kita hidup diskenario untuk sampe pada titik paling bawah dan kemudian merasakan uluran tangan KasihNya.

Jadi ngapain ragu melangkah ya? Bahkan melangkah di jalan yang tak pasti pun, lebih baik buat kita jalani, karena kita akan sampai pada detik-detik terungkapnya KebesaranNya, kedekatan denganNya, sepanjang dan selama perjalanan tersebut.


Genap satu tahun toko saya, toko grosir herbal Ikhwan Agency KS Tubun 9 Jakarta ( 1 Mei ), dan saya membuktikan Allah ternyata selalu ngasih pas pas saja. Pas butuh pas ada. Jadi rahasianya agar dikasih yang banyak, yang bikin aja kebutuhan yang banyak. Nanti kan dikasih pas juga. Pas butuh mobil pas dikasih mobil. Pas butuh punya perusahaan sendiri yang gede ya dikasih pas juga. Hehehehe.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Oalah lee... kok ya pas banget. Kalao aku rindu sekali dg almarhum ibuku...