Rumah Bisnis

Rumah saya, hampir tiap hari menjadi tempat kumpulnya banyak orang. Kalo nda saya yang bawa-bawa teman, ya ibu-ibu temen istri yang pada nge-pos dirumah. Anak-anak juga pada mbawa gengnya ngumpul main di rumah. Yang kecil TK mbawa gerombolan bocah bocah yang tukang mberantakin segala mainan. Yang gede SD mbawa gerombolan yang bawaannya lapeerr melulu dan tukang ngabisin segala makanan di rumah.

Dari yang awalnya tidak produktif akhirnya kepikiran kenapa nda saya + istri manfaatkan untuk naruh dagangan ini itu. Barangnya dibikin struktur harga kalo untuk ke konsumen end-user ato kalo ada yang minat dijual lagi. Lalu herbal kami angkut dari toko, kami promosikan. Lalu selimut juga pernah kami sajikan. Boomingnya kemarin ketika kami dapat barang jilbab murah. 10.000 dapat 3. Lalu parfum Wardah yang dibadrol aslinya 75ribu saya jual 25ribu. Karena terkenal rumah kami ada barang-barang murah dan bisa untuk didagangkan lagi ( grosir ) maka rumah makin rame dengan ibu-ibu. Mereka datang dan datang lagi ke rumah untuk nanyakan : ada barang apa lagi, ada peluang jualan apalagi buat saya ( yang pedagang )

Teman-teman saya yang profesi sales freelance, yang tahu hal itu akhirnya kepikiran untukmenaruh barang-barang mereka agar ikut kejual disitu. Mikir mereka ini channel dsitribusi baru dan unik. Langsung ke ibu-ibu konsumen akhir mereka. Pampers, tisu, kopi, terasi, minyak goreng. Harganya bisa murah karena itu buangan sales resmi perusahaan yang sedang kejar target volume.

Saya jadi berpikir. Ini traffic udah bagus, mengapa tidak dijadikan serius aja. Kalo yang dulu adanya barang tidak kontinyu, diperbaiki agar lebih kontinyu. Kalo yang dulu harga tidak terstruktur, sekarang lebih tertata. Kalo yang dulu nda pake dikoar-koarkan, sekarang pake diumumkan ke masarakat yang lebih luassss. Kalo dulu dele sekarang tempe… wuitzzzz apaan tuh.

Saya jadi ingat kekayaan yang ada di komunitas TDA. Di TDA itu banyak rekan yang siap supply barang semisal kita ingin mengikuti bazar. Misal baju anak Kidzwear Mas Anto - ITC Cempaka. www.bajuanak.net Atau batik dari Om Waru Rafie di http://www.batikbazaar.blogspot.com/
Barang yang kita beli akhirnya adalah barang yang laku saja. Yang nda laku bisa dipulangin. Mas Abduh dengan koleksi batiknya juga gitu. www.rumahbatik.com. Mengetahui penawaran itu sebenarnya saya udah gatel aja.. Aduh dimana dan kapan ya ada bazar lagi. Give me bazar.. Give me bazar.

Lalu ide itu muncul. Wait…..
Kenapa saya bingung mencari pasar… ciptakan saja pasar sendiri.
Kenapa saya bingung cari bazar... bikin aja bazar sendiri.
Kenapa saya bingung cari pameran... bikin aja pameran sendiri.
Sebagemana Abdurahman bin Auf membeli lahan dan membuat pasar sendiri, tidak ngikut jualan di pasar lama yang dikuasai Yahud.

Bayangkan misalnya mekanismenya begini :
Kita deal dengan rekan TDA yang punya barang, tanggal sekian sampe sekian kita pinjam barang untuk bazar.
Seminggu sebelum bazar kita bikin deh undangan ato pengumuman. 1 HVS bagi 2... ato 1 HVS bagi 4. difotokopi yang banyak
Bikin kata-kata yang bertenaga :
Bazar di rumah Bu SBY ( Si Bu Yem )
Baju Anak Kualitas Butik Harga Mung Sa-ithik !!!!
55ribu dicoret jadi 35rb.
45ribu dicoret jadi 25rb.
Pembelian 3 stel otomatis berhadiah payung
Pembelian 5 stel otomatis berhadiah payung + pijet
Pembelian 10 stel otomatis berhadian payung + pijet + kerokan + uang kerokannya boleh dibawa pulang
Lalu dibagi-bagikan itu pengumuman ke tetangga se RT, sesekolah anak-anak, se RW,
Titip ke bang ojek, bang angkot dan bang rhoma irama….
Kurang 1 hari dibagi-bagikan lagi
Lalu bazar deh… dimana… di rumah kita sendiri….
Nda pake transport, nda pake bayar restribusi,
Sehari.. Dua hari… bazar, terserah deal nya dengan yang punya barang.
Minggu depan diulang lagi begitu,
Ato sebulan sekali di minggu pertama awal bulan saja ketika orang-orang baru gajian…
Tapi dengan barang yang beda lagi, dari temen TDA yang lain lagi
Baju bayi? Baju Batik? Baju muslim?
Atau Anda ingin dalam 1 waktu sekaligus Anda kontak beberapa teman TDA agar bisa tawarkan beberapa macam barang sekaligus??
Pun bazar ini bisa Anda lakukan sendiri
Atau bersama-sama
Mungkin satu mastermind kolaborasi bikin 1 acara bazar rumahan begini….
Jadi acara mastermindnya langsung real praktek
Dan hebatnya lagi, kalo dipilih di rumah anggota yang masih TDB
Biar makin cepet terwujud cita-citanya jadi the real TDA
Jadi kita bom itu rumahnya dengan dipaksa jadi sentra bisnis…
Kalo tiap bulan bisa rutin ngadain begini, atau tiap minggu, dan disambung tiap hari selalu ada barang yang bisa dijual di rumah…
Bahkan untuk yang mau beli untuk dijual lagi….
Rumah anda itulah yang saya maksud dengan julukan
RUMAH BISNIS
Rumah dimana "selalu ada peluang bisnis disini"

Terbayangkah Anda bahwa ide ini bisa lagi diperkaya dengan begini :
Rumah Bisnis - selalu ada peluang bisnis di sini
Rumah anda adalah tempat dimana orang-orang disekitar anda
'bahkan' bisa berbelanja grosir barang-barang yang dia bisa jual lagi di kantornya, di komunitas keluarga besarnya, di jaringan teman-temannya.
Rumah anda itulah sentra-sentra yang akan menyemarakkan kewirausahaan hingga ke kampung-kampung. Ibu-ibu jadi ada keaktifan untuk berdagang. Deket ini dari rumah. Lagian harganya bagus sehingga tiap yang kesana selalu kepikiran untuk njual lagi….

Rumah bisnis seperti ini seyogianya ada banyak.
Tiap kampung ada satu atau dua juga bisa aja…
Barangnya toh bisa beda-beda…
Antar rumah bisnis malah bisa saling berkontak-kontak-an… tukeran koleksi dan barang kan bikin penyegaran.

Kalo ada banyak… kayak wabah bisnis warnet atau laundy… dimana-mana ada
Terutama di setiap… ingat : di setiap rumah anggota TDA
Mungkin kewirausahaan jadi makin cepat pemerataannya
Mungkin nda ada lagi TDB yang nda wisuda-wisuda, semua wisuda cepet dengan predikat Cum laude
Mungkin para sales produk macem-macem pun akan melirik traffik yang terjadi di rumah Anda
Sebagai new channel distribusi buat barangnya
Anda mungkin panen barang macem-macem…
Kelola saja...

( ada yang acung tangan : her, kalo dagangku baju aku bisa bikin rumahku juga rumah bisnis baju, kalo aku bisnis jilbab rumahku juga bisa dibikin rumah bisnis jilbab… lha ini masalahnya aku bisnis sedot WC itu…..???? )

1 komentar:

Unknown mengatakan...

assalamu'alaikum salam kenal pak ikhwan saya ibu wenny.saya tidak pernah kepikiran apa yang bapak tulis ini.benar juga ya kenapa ga kita sendiri yang ngadain bazar.daripada cari2 info bazar yg harga sewa standnya mahal bgt.padahal di rt kita sendiri bisa diadain bazar.target pasarnya bisa warga rt2 lain dan rw2 lain.ngomong2 bapak beli jilbab yg 10000 dapat 3 itu dmn?hehehe
ngomong2 antara sesama anggota komunitas tda bisa buy now pay later ya?wah jd pengen join deh.tp keliatannya jd anggota tda hrs punya blog ya.sedangkan saya ga punya bakat menulis.saya salut ama anggota tda dengan blog2nya.selalu inspiratif.terima kasih sudah baca komentar saya.wassalamu'alaikum